Selasa, 10 Juli 2012

Trik Sulap Mengubah Air Menjadi Darah

Deskripsi : Anda bisa mengubah segelas air putih biasa menjadi berwarna merah darah.


Persiapan dan Prosedur :

1. Letakkan beberapa percikan kecil sodium karbonat ke dasar gelas berwarna bening.

Sodium karbonat, biasa disebut juga sebagai "Soda Abu" adalah produk yang digunakan sebagai campuran sabun cuci maupun penghilang noda tinta.



2. Persiapkan sebuah gelas lain. Isi gelas setengah penuh, dan di dalamnya teteskan 10 tetes "fenolphtalein". Fenolphtalein (phenolphthalein) ata biasa disingkat sebagai pp adalah suatu senyawa organik dengan rumus C20H14O4 dan biasa dipakai sebagai indikator untuk titrasi asam basa. 

 

3. Untuk mengubah air menjadi darah (atau wine), campurkan gelas berisi air ke dalam gelas berisi sodium karbonat. Saat tercampur, air akan berubah warna menjadi merah.

4. Untuk membuat air kembali berubah warna menjadi jernih, tiup larutan dengan sedotan, dan warna merah akan menghilang.



Catatan :

1. Sodium karbonat dan fenolphtalein adalah bahan yang bisa dibeli bebas di pasaran atau toko kimia. Biasanya senyawa ini juga terdapat di laboratorium Kimia sekolah anda.

2. Jangan meminum campuran larutan ini. Walaupun tidak beracun, namun minuman ini bisa menimbulkan efek sakit perut.

3. Biasanya, untuk satu gelas berukuran normal, perbandingan larutan yang tepat adalah 5 percikan sodium karbonat untuk 10 tetes fenolphtalein.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.

Follow by Email

Search This Blog

Memuat...

Popular Posts

RADIO ONLINE

Widget By: Forantum